7 Tips Berhemat Saat Harbolnas

Setiap bulan terdapat promo-promo seru yang dapat Anda nikmati di marketplace. Mendekati Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas, setiap marketplace akan menawarkan diskon di tanggal yang sama dengan bulan tersebut, misalnya promo 10.10. 

Belanja Hemat saat Harbolnas

Belanja online terkadang bisa tidak terkendali, apalagi saat diskon. Lalu, apakah bisa berbelanja online secara hemat? Beberapa tips berikut mungkin bisa Anda pertimbangkan agar bisa menghemat kantong saat berbelanja di pesta Harbolnas: 

1. Belanja Saat Tengah Malam 

Belanja tengah malam saat Harbolnas, yaitu pukul 00.00 akan lebih hemat daripada pada jam-jam kerja. Saat tengah malam, banyak penjual akan menawarkan harga miring dan terbaik untuk menjual produk mereka. Sebelum tengah malam, Anda bisa memantau produk yang Anda beli. Bandingkan juga harga produk-produk tersebut dengan tempat yang lain. 

2. Pasang Pengingat 

Terkadang karena terlalu sibuk dengan rutinitas, Anda mungkin lupa dengan keinginan untuk membeli barang saat Harbolnas. Demikian juga jika Anda harus terjaga hingga tengah malam. Oleh karena itu, gunakanlah pengingat agar Harbolnas tidak terlewati. 

3. Membeli di Satu Penjual atau Seller 

Jika Anda ingin harga ongkos kirim yang lebih murah, Anda bisa membeli barang-barang di satu penjual saja. Membeli barang di beberapa penjual akan menambah biaya kirim lebih banyak lagi. Oleh karena itu, pastikan sebelum Harbolnas agar Anda membeli dari toko yang sama. 

4. Menggunakan Kupon Diskon

Salah satu keuntungan dari promo menjelang Harbolnas, termasuk promo 10.10 adalah adanya banyak kupon diskon. Kupon ini bisa Anda dapatkan di marketplace atau beberapa tenant yang menyediakan kupon untuk berbelanja di marketplace. Anda juga perlu teliti jika kemungkinan ada promo tambahan dari beberapa tenant yang bekerja sama dengan toko favorit Anda. 

5. Mencatat Apa yang Ingin Dibeli 

Meski terdengar klise, tetapi mencatat apa saja yang ingin dibeli akan membantu Anda untuk fokus membeli barang incaran. Sebelum turut serta pada pesta Harbolnas, Anda bisa memantau dan melakukan preview barang yang ingin dibeli terlebih dahulu. Kemudian, catat barang yang ingin dibeli ke dalam wishlist. Tentukan juga budget untuk membeli barang, kemudian catat apa saja yang ingin dibeli.

 

Dengan melakukan pencatatan, Anda bisa menekan keinginan tergoda membeli hal yang lain. Mencatat juga memberikan motivasi agar bisa menghabiskan uang dengan bijak. Selain itu, Anda juga bisa menyediakan rekening atau e-wallet khusus untuk belanja online. Dengan demikian, Anda tidak akan menggunakan anggaran lain di luar anggaran untuk belanja. Pembagian ini juga membantu Anda untuk mencegah membeli barang yang tidak diperlukan. 

6. Tentukan Batasan Jumlah Barang 

Mencatat barang yang akan dibeli memang mudah. Tetapi, usaha tersebut juga harus bersama dengan menentukan jumlah barang yang akan dibeli. Jika Anda telah memiliki anggaran untuk belanja online saat Harbolnas, maka sebaiknya selalu berpatokan dengan anggaran tersebut. Dengan anggaran tersebut, Anda bisa memperkirakan berapa banyak barang yang akan dibeli. Menentukan jumlah barang yang akan dibeli memang tidak mudah untuk dilakukan, apalagi jika banyak barang yang diskon. Namun, hal ini akan membantu Anda apabila ingin berhemat dan memiliki simpanan untuk akhir tahun. 

7. Ada Sistem Retur 

Sistem retur membantu Anda agar lebih aman dalam berbelanja. Meskipun diskon, sebaiknya Anda juga teliti dan berhati-hati membeli barang. Tidak jarang konsumen mendapat barang yang tidak sesuai dengan pesanan atau bahkan berbeda jauh melebihi pesanan yang mereka minta. Dengan adanya sistem retur, Anda tidak perlu khawatir jika ada barang atau produk yang tidak sesuai dengan keinginan karena Anda bisa meminta penggantinya atau uang kembali.

 

Mengikuti pesta Harbolnas dan juga promo 10.10 harus cermat untuk mendapat barang yang diinginkan. Pastikan Anda juga memiliki kuota internet yang stabil saat berbelanja online. 


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label